Belanja ke Toko Kelontong Korea di Jakarta

 


Sejak budaya populer atau pop culture Korea mendapat tempat khusus di publik Indonesia seperti boyband dan drama, penggemar masakan maupun makanan Korea juga banyak di Indonesia. Kita lihat saja belakangan ini banyak banget restoran yang menyajikan khusus makanan Korea. 

Tapi saya yakin, penggemar makanan Korea di Indonesia bukan hanya datang dari K-pop fans atau penyuka drakor atau drama Korea, sih. Salah satunya saya hehe. Karena makanan Korea itu menggugah selera, khususnya yang dibumbui dengan bubuk cabe melimpah sehingga terlihat sangat pedas, walaupun sebenarnya level kepedasannya beda sama makanan Indonesia.

Saya awalnya suka makanan Korea berawal dari kimchi. Saya sangat suka kimchi, apalagi dimakan bersama mie goreng. Hmmm. Nikmat betul. Kimchi adalah salah satu cara terbaik menikmati sayur tanpa harus memasaknya terlebih dulu.

Aneka jajan atau snack Korea:



Karena penyuka makanan Korea, ada satu tempat yang sejak beberapa tahun lalu pengin saya datangi di Jakarta yaitu K-Mart. Ini semacam toko kelontong atau supermarket makanan Korea. Di pojok supermarket ini, ada stall makanan Korea. Itulah tujuan saya sebenarnya.


Sebelum pandemi, pesan makanan di sini bisa makan di tempat, waktu itu pernah liat food vlogger makan langsung di sana. Tapi sekarang hanya boleh takeaway. Di stall ini, ada berbagai jenis makanan Korea seperti rapokki, teobokki, kimbab, odeng, teh jagung, dan lain-lain. 

Harganya mulai belasan ribu sampai lima puluh ribuan. Saya waktu itu pesan rapokki spicy. Enak sih, cuma gak pedas sama sekali, justru manis menurut saya walaupun saya sudah pesan yang spicy. Satu porsi rapokki saya beli seharga Rp 45.000.




Yang bikin seneng, di sini bisa beli kimchi per gram. Ada kimchi sawi, daun bawang, kucai, lobak, dan timun. Kita bisa beli minimal mulai 100 gram, 200 gram, dan 300 gram. Harga per 100 gram juga beda-beda tergantung jenis kimchinya. 

Saya beli kimchi daun bawang seharga Rp 9 ribuan per 100 gram dan juga beli kimchi timun seharga Rp 10 ribuan per 100 gram. Dan rasa kimchinya super enak dan segar. Pokoknya bakal balik lagi buat beli kimchi daun bawang. Nulis ini aja pake ngiler. Haha

Tak hanya kimchi timbang, tapi ada juga kimchi kemasan. Selain itu, ada berbagai jenis condiment Korea, tapi aku enggak tahu namanya apa saja hehe.




Harga rata-rata barang di toko ini menurutku lumayan mahal, tentu saja karena barang impor. Bagi penyuka Korea dan ingin mencoba masak makanan Korea, bahan-bahannya bisa dicari di sini. Lokasinya di Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Bisa nonton videonya di sini juga:



Comments

Popular Posts