"Bookhive", Perpus Mini Komunal di Taman Suropati




Membaca buku di taman yang teduh, ditemani suara cicitan burung serta semilir angin, bisa menjadi salah satu pilihan mengisi akhir pekan. Atau bisa juga dilakukan saat ngabuburit, membaca sambil menunggu waktu berbuka puasa. Produktif bukan? hehe

Tenang, mau main ke taman tapi tak mau repot atau ribet membawa buku, datang saja ke Taman Suropati Jakarta Pusat. Taman ini juga dikenal dengan nama Taman Menteng, karena lokasinya di Kecamatan Menteng.

Taman Suropati adalah salah satu taman terbaik di DKI Jakarta. Lokasinya strategis di pusat kota dan sangat bersih serta teduh. 


Nah di tengah-tengah taman, ada perpustakaan mini "Bookhive" yang bukunya bisa dibaca dengan bebas dan bahkan bisa dipinjam untuk dibawa pulang. Konsep "Bookhive" sendiri adalah ruang komunal untuk berbagi buku. Kalau kita mau menyumbang buku juga bisa, langsung datang dan masukkan buku kita ke dalam perpus mini Bookhive.

Bookhive ini ada di beberapa tempat di Jakarta. Setahu saya selain di Taman Suropati, ada juga di sekitar Kota Tua Jakarta.




Pada Jumat, 1 April 2022, saya mengagendakan diri untuk main ke Taman Suropati untuk mengantar beberapa buku untuk Bookhive. Di lemari buku mini Bookhive, ada tiga rak dan isi bukunya lumayan beragam, ada fiksi, non fiksi, buku bahasa Indonesia, bahasa Inggris, juga majalah, termasuk juga buku anak.

Saya berniat meminjam majalah Kinfolk dan salah satu buku untuk saya bawa pulang, tapi saya takut satpam di taman bakal ngira saya curi bukunya, hahah. Akhirnya saya kirim pesan ke akun @jakartabookhive di Instagram, menanyakan apakah bukunya boleh dipinjam untuk dibawa pulang dan jawabannya "YES" bisa dibawa pulang. Senengnyaaa. Tapi hari itu saya gak jadi minjem karena balasan DM-nya masuk setelah saya pulang dari taman. Next time saya balik lagi untuk pinjam beberapa buku.







Suasana taman yang bersih, hening, tidak ramai sangat mendukung untuk baca buku dan aktivitas membaca pasti tambah asyik. Banyak bangku-bangku juga tersedia di dalam area taman. Ada juga ibu-ibu yang datang dan mengajak anaknya membaca buku di taman. 

Setelah capek jogging atau olahraga di sekitar taman, bisa juga mengaso sebentar sambil membaca. Jadi gak sabar mau balik lagi.



Jangan lupa baca bukuuuuu!!!!

Comments

Popular Posts