Main ke Sarinah, Kaget karena Berubah Total

 


Saat masih ditugaskan liputan lapangan, khususnya saat liputan ke daerah Jakarta pusat, saya sering nongkrong di Sarinah, khususnya di McDonald-nya. Apalagi kalau sehabis liputan agenda talk show saat weekend, para wartawan sering garap berita di McDonalds. Selain murah, ya banyak tempat duduk juga.

Tapi kemudian Sarinah direvitalisasi. Sekarang sudah berubah total, terlihat lebih fancy dari sebelumnya. McD sudah enggak ada. huhu. Memorable place.

Sarinah versi baru sudah ada sejak 2021 tapi aku memang enggak pernah main ke sana padahal tempat ini cukup viral karena banyak spot foto-foto instagrammable dan banyak tempat tongkrongan kece. 

Aku baru berkesempatan ke sana saat ditugaskan liputan lapangan tanggal 8 Februari 2023. Karena lokasi liputan enggak jauh dari Sarinah, saat pulangnya aku mampir dan memang bagus dan fancy banget sekarang.

Meng, santai di trotoar samping Sarinah

Sekarang ada Museum Sarinah. Di mana di sana ada penjelasan soal pendirian Sarinah sebagai pusat perbelanjaan. Lalu ada foto-foto jadul Sarinah sampai saat ini.

Di bawah juga ada Pasar Nusantara. Di sini terdapat banyak tenant makanan. Aku mampir ke toko kue yang khusus menjual kue-kue tradisional khas Indonesia, namanya Sari-Sari. Pilihan kuenya banyak sampai aku bingung mau pilih mana karena semua kelihatan lezat dan enak. Harganya juga lumayan murah, mulai Rp2 ribuan.

















Di depan biasanya ada konser musik. Para penonton bisa duduk di tangga. Konser ini setahuku sih gratis. Pada malam aku ke sana, ada showcase peluncuran lagu Thomas Djorgi. Tapi aku enggak nonton karena capek dari pagi dan baterai ponsel aku juga mau habis, jadi aku memutuskan pulang.

Di depan Sarinah juga sekarang disulap jadi taman dan ada bangku-bangku yang disiapkan untuk pengunjung. Kita bisa duduk-duduk santai di sana. Dulu di depan Sarinah itu hanya tempat parkiran, tapi sekarang disulap jadi taman dan panggung konser. Keren sih.

Valentine Vibes


Kalau ke Jakarta, Sarinah adalah salah satu tempat yang bisa didatangi. Aksesnya juga gampang. Bisa naik transportasi umum seperti MRT dan TransJakarta. Kalau naik MRT, bisa turun di Halte Hotel Indonesia dan jalan kaki ke Sarinah. Kalau naik TransJakarta, bisa turun di halte Hotel Indonesia juga. Sebenarnya ada halte Sarinah, persis di depan Sarinah, tapi sekarang masih revitalisasi dan belum beroperasi kembali.


Next time main kemana lagi ya?

Comments

Popular Posts