Review Film "Vahd"

 


Sutradara: Jaspal Singh Sandhu dan Rajiv Barnwal

Pemain: Sanjay Mishra, Neena Gupta, Manav Vij, Saurabh Sachdeva

Tahun: 2022


Film ini bagus buangetttt dan saya menyayangkan kenapa film ini tidak 'pecah' di box office? Huhu. 

Saya sangat merekomendasikan menonton film ini, apalagi bagi yang suka genre thriller. 

Vadh (Eksekusi) berpusat pada kisah hidup pensiunan guru, Shambhunath Mishra (Sanjay Mishra) dan istrinya, Manju Mishra (Neena Gupta). Mereka hidup sederhana di tengah perkampungan padat di Gwalior.

Pak Shambhunath Mishra terlilit hutang pada rentenir Prajapati Pandey (Saurabh Sachdeva) dan juga bank, untuk mengongkosi putranya, Guddu (Diwakar Kumar) bersekolah ke Amerika Serikat (AS). Tapi malah di masa tuanya, dia yang harus bertanggung jawab atas hutang tersebut dan diabaikan putranya. Sumpah anak durhaka banget. Emosi banget pas di part ini.

Pandey yang tampaknya jelek banget dan menyeramkan terus menerus datang menagih dan mengancam akan mengambil rumah Pak Mishra. Dia juga tiba-tiba datang ke rumah Pak Mishra sambil bawa botol minuman dan perempuan, lalu masuk ke kamar orang untuk ngews. Kurang ajar banget. Asli saya emosi banget liat tingkahnya hahah

Pada suatu malam, si bajingan Pandey ini datang lagi ke rumah Pak Mishra. Dia meminta Pak Mishra untuk memanggil Naina, seorang bocah perempuan berumur 12 tahun. Naina adalah anak tetangga Pak Mishra dan sering datang untuk belajar bersama anak-anak lainnya.

Sudah ketahuan tujuan si Pandey, ingin melecehkan si Naina. Dia bilang ke Pak Mishra, "Pokoknya saya sudah selesai sebelum istrimu pulang dari kuil". Bangsat emang. Pak Mishra ini baik banget dan tidak kuasa menolak permintaan si bangsat walaupun hatinya menentang keras, tapi dia tidak bisa melawan karena si Pandey juga sering memukulinya.

Sebelum Pak Mishra berangkat ke rumah Naina, si bajingan Pandey ini bilang, "Tolong kasih saya makanan dulu baru pergi." Lalu Pak Mishra ke dapur mengambil semacam snack gitu dan di situ dia tampak sangat terpukul dan ingin menolak untuk memanggil Naina.

Saya bilang dalam hati, "Ayo pak bunuh saja bajingan itu", hahahaha.

Dan ternyata benar, Pak Mishra langsung menghantamkan obeng ke leher si bajingan Pandey. Dasar rentenir busuk dan jahat. Mampus. hahaha, maaf tapi aku emosi banget. 

Berawal dari malam nahas itu, drama berlanjut. Pak Mishra berusaha menutupi jejak pembunuhan sendirian, terinspirasi dari tulisan seorang penulis cerita kriminal di majalah. Pak Mishra dan Bu Manju semakin cemas ketika polisi mendatangi mereka tiga hari setelah peristiwa tersebut dan menanyakan keberadaan Pandey karena memang Pandey diketahui sering datang ke rumah Pak Mishra.

Akankah polisi berhasil mengungkap siapa pembunuh Pandey dan menemukan barang bukti?

Ada banyak plot twist setelahnya. 

Saat Pak Mishra dan Bu Manju merayakan ulang tahun Naina, yang dianggap seperti anak sendiri. 






Oh iya, bukannya saya menyetujui atau membenarkan tindakan pembunuhan, tapi terkadang ada manusia di dunia ini yang tidak layak hidup karena keberadaannya hanya mendatangkan penderitaan bagi manusia lain. Dalam kasus Pak Mishra, tindakannya karena keterpaksaan dan demi melindungi si Naina dari tindakan lacur di Pandey. Meminta bantuan polisi pun percuma karena ketika Pandey menyerangnya dan mendatangi kantor polisi, dia menemukan si Pandey berada di dalam ruangan inspektur polisi, Shakti Singh (Manav Vij).

Kualitas dan kemampuan akting Pak Sanjay Mishra tak diragukan lagi. Begitu juga dengan Neena Gupta. Bagus bangettt penampilan mereka. Sanjay Mishra adalah salah satu aktor senior Bollywood yang underrated. Saya suka beliau sejak lihat beliau di Masaan dan Baadshaho, gak kaleng-kaleng lah aktingnya.

Awalnya aku pikir film ini mengisahkan soal anak durhaka yang mengabaikan orang tuanya, seperti Baghban, tapi ya tebakan saya salah. Drama hubungan orang tua dan anaknya juga tidak berlanjut sampai akhir film.

Durasi film ini tidak terlalu panjang seperti film-film India pada umumnya, bahkan durasinya kurang dari 2 jam. 

Vadh tentunya jadi salah satu film India favoritku dan bisa ditonton di Netflix ya. Selamat nonton! Xoxo

Comments

Popular Posts