Resensi Buku "Five Little Mice in a Mouse Trap by Man in the Moon; Done in Vernacular, From the Lunacular"

 


Penulis: Laura E Richards

Illustrator: Kate Greenway 


Membaca buku anak-anak itu super seru. Selain genre fantasi, saya suka baca buku cerita untuk anak-anak. Menyelami dunia anak-anak yang innocent, ikut merasakan betapa kebahagiaan mereka itu pure, tidak dibuat-buat, bikin kita sebagai pembaca juga ikut merasa gembira.

Five Little Mice in a Mouse Trap by Man in the Moon ini juga bergenre fantasi. Pengalaman membacanya jadi makin seru.

Buku ini diterbitkan pertama kali pada tahun 1880-1881. Saya download ini di Project Gutenberg, free.

Seperti judulnya, buku ini ditulis menggunakan POV orang pertama yaitu oleh pria dari Bulan, Mr Moonman.

Mr Moonman mengisahkan kehidupan lima bocah bersaudara, yatim piatu, yang tinggal di sebuah rumah di sebuah desa di kota Nomatterwhat, negara bagian Nomatterwhere, Amerika Serikat.

Mr Moonman kemudian bersahabat dengan lima bocah ini, yang dia sebut Lima Tikus. Mereka adalah Nibble, Brighteyes, si kembar Fluff dan Puff, dan si bungsi Downy.

Lima anak ini diasuh pamannya, Uncle Jack. Mereka pindah ke Nomatterwhat dan membeli rumah aneh bekas rumah orang aneh bernama Jonas Junk.

Jonas Junk menjadi bahan gunjingan warga desa karena dia orang aneh. Dia hanya tinggal bersama kucing dan anjingnya. Dia lalu meninggal, rumahnya terbengkalai sebelum dibeli Paman Jack.

Mr Moonman menyebut rumah ini Mousetrap. 



Paman Jack membawa lima keponakan yang sangat disayanginya itu pindah ke Mousetrap, bersama pengasuh mereka Mrs Posset, Susan si tukang masak, dan Thomas tukang kebun yang dipanggil lima bocah itu dengan panggilan Tomty.

Setiap malam, Mr Moonman mendatangi anak-anak ini, mengisahkan berbagai dongeng. Tapi kadang-kadang, Mr Moonman membawa mereka berpetualang, naik awan dan terbang ke berbagai tempat seperti Kutub Utara, Hindostanee, bahkan ke bawah laut bertemu Patty, ratu mutiara yang istananya di dalam kerang yang sangat indah.

Bagian-bagian petualangan itu yang paling seru. Kita diajak ikut bertualang ke tempat-tempat tak terduga. Kegirangan bocah-bocah itu bikin kita ikut bahagia.

Selain petualangan seru, obrolan para bocah, tingkah mereka yang usil, kecerewetan serta rasa ingin tahu mereka yang tinggi ini lucu-lucu. Cukup menghibur.

Buku ini juga disertai ilustrasi walaupun tidak di setiap halaman. Ada juga puisi-puisi dengan lirik lucu dan unik. 





Bahasanya menurutku enggak susah dipahami. Kalau ada kosakata yang jarang kita temui, tinggal buka kamus atau Googling, sekalian belajar.

Jadi pengin berteman sama Mr Mooman. Xixixi

Grab your book and get lost into another realm full of adventurous thing!

Next baca buku anak-anak apalagi ya?




Comments

Popular Posts