Review Film Horor "Makmum 2"

 



Sutradara: Guntur Soehardjanto

Pemain: Titi Kamal, Samuel Rizal, Marcella Zalianty, Dea Panendra, Pritt Timothy, Otig Pakis

Tahun: 2021



Tertarik nonton Makmum 2 karena baca reply tweet di akun film yang bilang Makmum pertama (2019) itu serem banget. Akhirnya sebelum rilis, Makmum 2 sudah masuk watchlist saya. Sebelum nonton Makmum 2, saya nonton dulu sekuel pertamanya.

Makmum 2 tokoh sentralnya masih Rini (Titi Kamal) tapi di sekuel kedua ini, ceritanya lebih kompleks dan menurut saya sangat jauh lebih serem dari yang pertama. Dari segi cerita, saya lebih suka yang kedua.


Rini masih tinggal di Asrama Putri Citra yang ada di daerah Sragen. Suaminya, Ganda (Ali Syakib) meninggal tiga tahun lalu. Tiba-tiba dia dapat telepon, ibunya, Yanti meninggal di kampung. Dia akhirnya pulang ke Desa Suayan bersama anaknya, Hafiz.

Desa Suayan merupakan desa terpencil di pinggir hutan. Tak ada listrik maupun sinyal atau jaringan internet. Sering dilanda kekeringan. Hidup warganya susah.

Saat menuju pemakaman ibunya, Rini mendengar desas desus warga bahwa ibunya meninggal tidak wajar karena disebut masuk ke hutan larangan yang ada di desa itu. Hutan itu memiliki penunggu yang disebut Nyi Lawe.

Setelah ibunya dimakamkan, keanehan pun mulai terjadi. Rini kembali didatangi hantu Makmum. Hafiz, anaknya, juga terus menerus mengalami teror. 

Kengerian makin menjadi ketika Hafiz bersama dua temannya, Afdal dan Iwan hilang dan mereka ditemukan warga di atas sebuah batu di dalam hutan larangan. Ketiga bocah ini sakit berhari-hari, tak kunjung sembuh. Dari peristiwa itulah kemudian Rini mencari tahu sumber keanehan di desanya, berbekal informasi dari Alif (Samuel Rizal), pemuda Desa Suayan.


Ini adalah pengalaman nonton film horor Indonesia terseram saya, setelah Pengabdi Setan 2 dan Perempuan Tanah Jahanam. Dan dari ketiga film itu, di Makmum 2 lah saya berteriak paling kencang karena jumpscare. Dan jujur saja sepanjang film saya lebih banyak tutup mata.

Selain sundel bolong, hantu makmum adalah hantu versi Indonesia paling serem deh. Astaghfirullah.

Akting Titi Kamal di sini bagus banget. Character developmentnya jauh lebih bagus di Makmum 2 daripada Makmum 1. Akting para bocah di film ini juga patut diacungi jempol.


Saya menonton film ini pada hari pertama rilis, Kamis (30/12/2021) dan memilih jadwal malam karena bertepatan dengan malam Jumat. haha. Saya dapat tiket gratis karena menang giveaway di Twitter Dimas Djayadiningrat. Terus disuruh milih mau nonton di mana, seat berapa, dan jam berapa. Sok-sokan lah saya pilih jadwal pukul 19.45 tapi ya gitu, akhirnya kepikiran dan tidur tadi malam lampu harus nyala sampai pagi. wkwk

Bagi penggemar horor, don't miss Makmum 2. Tapi kalo yang punya penyakit jantung mending jangan. haha. Kalo boleh kasih rate ya 8/10 lah. Bagussss.

Ada pesan yang diselipkan dalam film ini: jangan rusak alam karena kalau alam sudah muak dengan manusia, kita bisa dihabisinya. Nyi Lawe adalah representasi alam.

Comments

Popular Posts