Rekomendasi Kuliner Murah Meriah Belakang Plaza Indonesia



Mau wisata kuliner dengan budget Rp100 ribu di Jakarta? Bisa banget. Dengan membawa uang hanya Rp100 ribu, bisa nyobain dan bawa pulang banyak makanan. 

Di belakang Plaza Indonesia dan Grand Indonesia atau di daerah Kebon Kacang, Jakarta Pusat ini banyak banget street food stall atau pedagang kaki lima. FYI, pedagang-pedagang di belakang Grand Indonesia sekarang sudah direlokasi. Ada yang dipindah ke belakang Plaza Indonesia, ada yang ke seberang Mal Thamrin City.

Saya kulineran ke Kebon Kacang niat awalnya cuma beli rujak yang lagi viral banget. Di reels Instagram, rujak ini sering muncul. Tapi akhirnya saya pulang bawa beberapa makanan lainnya. Hihi

Berikut rekomendasi makanan di Kebon Kacang:


1. Rujak Bang Sultan

Rujak ini ada di depan Martabak 777. Waktu ke tempat ini, Jumat (7/7/2023), saya masuk ke daftar antrean 116 haha. Kita mesti tulis dulu nama kita di buku dan jumlah pesanan. Bisa ditinggal dulu, nanti balik lagi.

Harga per porsi Rp15.000, ditaruh di dalam wadah plastik. Rujaknya beda dari yang lain karena pakai buah lobi-lobi dan bumbunya ditambah buah honje atau kecombrang. Sedap betul.

Oh iya saya beli dua bungkus karena satunya titipan teman.







2. Makanan Khas Ambon/Maluku

Saya ke sini atas rekomendasi akun Instagram dari halte ke halte. Dulu ada di depan Kantor Penghubung Pemda Maluku tapi sekarang pindah ke pinggir sungai depan Thamrin City.

Di sini saya makan ikan bakar tongkol plus sambal colo-colo dan tumis kangkung. Total semua plus nasi itu Rp20.000.

Saya juga beli roti yang dibikin ibunya, roti fresh from the oven, harganya Rp2.000 per biji. Enak, ada kelapanya dan wangi kayu manis.





3. Bakwan Pontianak

Abis dari rujak Bang Sultan, masih di deretan yang sama, ada bakwan Pontianak. Per biji Rp3.000. Ada tiga pilihan rasa; teri, rebon, dan rebon rawit.

Saya beli 3 biji masing-masing rasa. Dapat saos juga. Bakwannya enak. Saosnya pedas manis.


4. Lumpia Basah

Saya lanjut ke street food di belakang Plaza Indonesia persis. Di sini banyak banget yang jualan.

Saya beli lumpia basah karena belum pernah makan makanan ini. Per porsi Rp15.000.

Enak. Isian banyak (telur, taoge, rebung, sosis, bakso). Mengenyangkan juga.



5. Pisang Coklat

Di dekat lapak lumpia, ada yang jual pisang cokelat goreng. Sebiji Rp2.000.

Aku beli tiga biji doang. Enak juga dan cokelatnya lumer.

Itu saja makanan yang saya beli. Itupun bawanya ribet karena mesti naik kendaraan umum. Hihi.



Jadi total belanja saya hari itu segini Rp86.000.

Kalau ke Kebon Kacang bisa naik Transjakarta atau MRT. Banyak rute Transjakarta yang bisa digunakan salah satunya Rute 1 Blok M-Kota. Turun di halte Bundaran HI. Nanti keluar ke arah kiri ke Plaza Indonesia, terus lanjut jalan ke area Kebon Kacang sekitar 10 menit. Naik MRT pun sama, bisa turun ke Stasiun Bundaran HI.

Jadi kalau dihitung ongkos PP plus beli air mineral, kira-kira penghabisanku hari itu Rp97.000.

Next kulineran kemana lagi ya?

Here's the video:



Comments

Popular Posts