Gerakan Tangkal Fitnah Tim Jokowi-Ma'ruf


Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf rutin menggelar agenda Gerakan Tangkal Fitnah atau Hoaks di Rumah Cemara, rumah tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf atau semacam media center mereka. Namun baru pertama kali saya berkesempatan meliput agenda ini, Kamis (4/4/2019).

Waktu itu salah satu pembicaranya aktor dan juga mantan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar. Deddy Mizwar juga kenetukeb sebagai Juru Bicara Jokowi-Ma'ruf.

Selain Demiz, pembicaranya juga berasal dari pengurus PBNU, Muhammadiyah dan kalau enggak salah dari PB HMI juga. Maaf saya lupa. Hehe

Intinya dalam agenda ini, TKN memaparkan fitnah atau hoaks yang ditujukan untuk Jokowi. Dalam bulan Februari 2019, tim mencatat ada sekitar 400 berita hoaks yang menyetang Jokowi-Ma'ruf.


Demiz menyayangkan berbagai hoaks yang masih menyerang Jokowi. Menurutnya cara melawan hoaks bukan dengan ikut menyebarkan hoaks melainkan harus dengan memaparkan kebenaran untuk melawannya. 

Menurutnya, salah satu hal untuk membentengi diri dari hoaks dan tidak ikut menyebarkan adalah dengan keimanan atau takut kepad Tuhan. Menyebar berita bohong tentu berdosa dan dalam Islam kita diminta untuk memverifikasi setiap kabar yang kita dengar atau menelusuri kebenarannya (tabayyun).

Pembicara Gerakan Tangkal Fitnah




Comments

Popular Posts