Review Film Tamil "Ponniyin Selvan: Part 2"

 


Sutradara: Mani Ratnam

Pemain: Aishwarya Ray, Vikram, Trisha, Jayam Ravi, Karthi, Prakash Raj

Tahun: 2023


Finally penantian itu usai sudah haha. This is one of the most anticipated movies in 2023. Sejak nonton Part I (review di story Instagramku) tahun lalu, bahkan saya nonton sampai dua kali karena begitu sukanya, akhirnya tayang juga di OTT (Amazon Prime).

Sebenarnya sedih karena film ini enggak masuk ke bioskop Indonesia. Saya membayangkan betapa pengalaman nonton film ini di big screen akan sangat jauh lebih mengesankan. Tapi ya sudahlah. Mungkin karena di Indonesia film India selatan tidak populer jadi penontonnya enggak banyak.

Ini adalah film Tamil paling favoritku. Mulai sinematografi, akting para pemain, dialog, cerita, 100/10.

FYI Ponniyin Selvan Part 2 rilis di bioskop tepat pada hari ulang tahunku, bulan April lalu. Hihi. Baru dua bulan kemudian film ini rilis di OTT.



Ponniyin Selvan: Part 2 dibuka dengan adegan flashback masa remaja Aditha Karikalan (Santhosh) yang jatuh cinta pertama kali sejak melihat Nandini (Sara Arjun). Namun hubungan mereka tidak direstui keluarga Aditha, yang merupakan keluarga raja. Akhirnya Nandini muda diusir dari Tanjavur. Aditha galau sampai tua, tak bisa melupakan Nandini, yang kemudian menikah dengan Periya Pazhuvettarayar (R. Sarath Kumar), yang juga masih ada hubungan dengan Raja Sundara Chola atau ayah Aditha (Prakash Raj).

Aditha Karikalan dewasa yang juga putra mahkota (Vikram) ingin membalas dendam pada Nandini dewasa (Aishwarya Rai), karena dia yakin Nandini yang bertanggung jawab dan yang merancang penyerangan kapal yang ditumpangi adiknya Arulmozhi Varman/Ponniyin Selvan (Jayam Ravi), yang kemudian dianggap telah tewas oleh keluarga dan masyarakat.

Nandini ingin balas dendam atas kematian Raja Veerapandiyan (Nasser), orang yang membesarkannya. Veerapandiyan tewas dibunuh Vikram di masa lalu. Nandini mengatur rencana untuk membunuh Vikram dan Sundara Chola pada saat bulan purnama.

Berhasilkan misi Nandini ini? Nandini juga punya obsesi untuk menjadi seorang ratu. Dia juga merasa dilema ketika harus membunuh Aditha Karikalan, karena ternyata jauh di dalam hatinya, dia masih mencintai Aditha. Sedangkan Aditha juga demikian. Dia merasa menyesal telah membunuh Veerapandiyan, dan itu adalah salah satu dosa yang terus disesalinya.

Ketika dia berhadapan dengan Nandini, keinginan untuk membunuh Nandini pun lenyap. Dia bahkan meminta Nandini membunuhnya agar dia bebas dari rasa bersalahnya.

Adegan Aditha dan Nandini bertemu di suatu ruangan dan saling mengungkapkan keresahan hati mereka adalah salah satu adegan favoritku. Tak ada kontak fisik yang vulgar, tapi keintiman keduanya tetap terasa. Makanya saya berkesimpulan ini sebenarnya film romansa antara Aditha dan Nandini, dengan latar belakang kerajaan.

Dalam film ini juga terungkap latar belakang Nandini. Siapa ayah dan ibunya. Ibunya, Mandakini Devi (diperanka  juga oleh Aishwarya Rai) ternyata punya keterhubungan dengan Sundara Chola di masa lalu. Mandakini adalah sosok misterius. Nasib percintaannya juga tidak jauh beda dengan anaknya.

Film ini juga menyorot penyelamatan Arunmozhi, yang tetap setia didampingi Vanthiyathevan (Karthi) dan Azhwarkkadiyan Nambi / Thirumalaiappan (Jayaram).

Porsi screentime Kundavai (Trisha), adik Aditha dan Arunmozhi di Part 2 ini tidak terlalu dominan. Tapi tetap memukau. Sayangnya romansa antara Kundavai dan Vanthiyathevan tidak dieksplorasi lebih jauh.




Kerajaan Chola adalah salah satu kerajaan besar di masa lalu. Ekspansinya sampai ke Asia Tenggara. Banyaknya orang Tamil di Malaysia, di Medan Indonesia juga mungkin pengaruh dari ekspansi kerajaan ini di masa lalu. Karena saya pernah baca, Kerajaan Sriwijaya pernah menjalin hubungan dengan Kerajaan Chola. CMIIW.

FYI, waktu proses pematangan rencana pembuatan film ini, timnya melakukan meeting di Bali. Mungkin dulu Hindu menyebar ke Indonesia ada kaitannya juga dengan kerajaan ini.

Salah satu yang membuat film ini menarik adalah soundtracknya yang digarap AR Rahman. Lagunya bagus-bagus, scoring juga mantap.  Bagi yang suka film bertema kerajaan dan mau melihat kecantikan Aishwarya Rai yang sangat memukau, nonton deh. Dijamin suka!

I love this movie so so much!

Met nonton! Xoxo

Comments

Popular Posts