Film "Robin Hood"



 
taken from here

Judul               : Robin Hood
Sutradara       : Ridley Scott
Pemain           : Russel Crowe, Cate Blanchett, Oscar Isaac, Dannie Huston, William Hurt, Max Von Sydnow, Mark Strong
Tahun             : 2010


“King Richard The Lion Heart telah kehilangan kekayaan dan kemuliaannya, dijarah sewaktu perjalanan kembali ke Inggris dari Perang Salib yang berlangsung 10 tahun lamanya. Dalam pasukannya, ada pemanah yang bernama Robin Longstride. Ini adalah kisahnya kembali ke rumah dimana dia berasal, untuk membela yang lemah melawan yang kuat, karena itu hidupnya dikutuk sebagai penjahat.”

Adegan pertama dalam film ini dibuka dengan perang antara pasukan Inggris dan Prancis di Benteng Chalus, Prancis, tahun 1199. Dalam pertempuran ini, Raja Richard (Danny Huston) terbunuh. Ada hal menarik dari percakapan antaran Raja Richard dengan Robin Longstride (Russel Crowe) pada suatu malam. Robin ditanya Raja Richard apakah Tuhan senang dengan apa yang mereka lakukan dalam Perang Salib. Jawaban Robin sangat dalam.


“Pembantaian di Acre, Yang Mulia. Ketika kau memerintahkan kami menggiring 2.500 pria Muslim, perempuan, dan anak-anak bersama-sama, wanita muda di kakiku, dengan tangan terikat, dia menatapku. Tidak ada ketakutan di matanya. Tidak ada kemarahan.  Yang ada cuma rasa kasihan. Karena ia tahu, ketika kau memberikan perintah, dan pedang kami memenggal kepala mereka, saat itulah kita kehilangan Tuhan. Saat itulah kita kehilangan Tuhan (Godless), kejujuran (honest), keberanian (brave), dan naif.”


Robin dihukum oleh Raja Richard di dalam kerangkeng kayu dan setelah tahu Raja terbunuh, Robin Longstride kabur dari lokasi perang dan kemudian bertemu dengan anak Sir Walter Loxley of Nottingham (Max Von Sydnow), Sir Robert Loxley (Douglas Hodge) yang hampir tewas dan meminta bantuan Robin mengantarkan pedang yang pernah diambilnya diam-diam dari ayahnya. Dengan menumpang kapal milik kerajaan Inggris, Robin dkk naik kapal dan berpura-pura menjadi Sir Robert Loxley of Nottingham. Robin dan tim juga memegang mahkota Raja Richard yang tewas yang akan dikembalikan kepada kerajaan.

Pascakematian Richard diketahui kerajaan, Pangeran John (Oscar Isaac) langsung diangkat menjadi raja oleh Ratu Inggris atau ibunya. Sir Walter Loxley disebut punya hutang pajak kepada kerajaan dan cincin yang tadinya akan dihadiahkan kepada Robin ditarik kembali oleh Raja John.

Kekalahan Inggris disusul dengan menipisnya keuangan kerajaan. Dengan usulan Godfrey (Mark Strong), raja setuju untuk memaksa para pedagang dan bangsawan menyetor upeti ke kerajaan, jika tidak mau maka nyawa taruhannya. Kanselir William Marshal (William Hurt) pun dipecat oleh John dan John lebih percaya kepada Godfrey.

“Pilih dengan hati-hati Godfrey, dimana engkau akan menempatkan belatimu,”kata William Marshal mengingatkan Godfrey.

Setelah sampai di Nottingham yang merupakan daerah pertanian, Robin bertemu Marion Loxely (Cate Blanchett), isteri mendiang Robert  Loxley dan Walter Loxley yang buta. Dari cerita Walter Loxley, diketahui Robin adalah anak Thomas Longstride yang berjuang untuk persamaan hak atau piagam kebebasan di semua wilayah dan terbunuh.

Setelah Godfrey membelot dan bergabung dengan Prancis, Raja Philip (Jonathan Zaccai) untuk melawan Raja John, William Marshal kemudian berupaya menyatukan bangsawan di semua wilayah untuk melawan Prancis. Robin of the Hood kemudian membantu Raja John berperang melawan Raja Prancis dan akhirnya Prancis menyerah kalah dan kembali ke negaranya. Prancis menyerah demi Robin Longstride, bukan Raja John dan itu kemudian membuat John murka.

Rakyat Inggris kemudian mendatangi raja agar menepati janjinya untuk menciptakan keadilan bagi semua wilayah yang pernah dijanjikannya sebelum berperang. Dan ia menolak. “Tapi untuk Robin Longstride, anak tukang batu itu, untuk kejahatan pencurian dan hasutan yang menimbulkan kerusuhan, yang berpura-pura jadi ksatria kerajaan, kejahatannya diancam dengan hukuman mati. Aku nyatakan dia, mulai hari ini, menjadi penjahat. Menjadi buruan setiap hari selama hidupnya sampai mayatnya terkubur menjadi bangkai untuk rubah dan burung gagak.”


Raja John pun mengeluarkan dekrit yang berbunyi: “Robin Longstride, juga dikenal sebagai Robin of the Hood dan semua yang melindunginya dan menolongnya dinyatakan melanggar hukum kerajaan. Harta mereka akan disita dan hidup mereka harus dicabut oleh setiap laki-laki Inggris, berdasarkan petunjuk.”

Robin kemudian hidup di tengah hutan bersama anak-anak setempat yang diasuh dan dilatih memanah. Ia kemudian menikah dengan Marion. Saya suka film ini karena Russel Crowe adalah salah satu aktor favorit saya. Peran Robin yang dikenal sebagai perampok bukan menjadi titik fokus dalam film ini, tapi lebih kepada perannya pada saat ikut berperang membantu kerajaan Inggris.



Comments