Elegy






Judul         : Elegy
Pemain     : Ben Kingsley, Penelope Cruz, Peter Sarsgaard, Patricia Clarkson, Deborah Harry, Denis Hopper
Sutradara   : Isabel Coixet
Tahun         : 2008


Sudah sangat lama saya ingin menonton film ini dan baru kesampaian tahun ini. Menonton film ini membuat saya geli sendiri lihat seorang yang sudah uzur berpacaran dengan perempuan muda yang bahkan lebih muda dari anaknya. LOL

Film ini berdasarkan novel The Dying Animal karya Philip Roth, menceritakan David Kepesh (Ben Kingsley), seorang penulis dan dosen yang menjalin affair dengan mahasiswinya, Consuela Castillo (Penelope Cruz), perempuan muda yang baru berusia 25 tahun. Seorang penulis mungkin memiliki daya tarik tersendiri bagi seorang perempuan, apalagi Kepesh adalah penulis terkenal. Jangankan penulis terkenal, tidak terkenal pun seorang penulis bisa membuat saya jatuh cinta. *uhuk*

Kepesh dan Consuela memiliki perbedaan usia 30 tahun. Kecantikan Consuela, dengan wajah khas perempuan Amerika Latin, orang tuanya berasal dari Kuba, membuat Kepesh jatuh hati. Ia memuji kecantikan Consuela dengan menyebut sebagai “kesederhaan yang elegan”.

Perselingkuhan pun dimulai ketika Kepesh mengajak Consuela ke apartemennya. Saya menyebutnya perselingkuhan karena tidak begitu jelas apakah Caroylin (Patricia Clarkson) yang kerap datang dan bercinta dengan Kepesh adalah isterinya atau bukan. Setelah kunjungan pertama ke apartemen, Consuela semakin intens berkunjung dan terjadilah percintaan panas yang menggelikan.

Tak disangka, pesona Kepesh benar-benar membuat Consuela jatuh cinta. Dan ia pun mempertanyakan Kepesh apa yang sebenarnya diinginkan dari dirinya. Saya sebal sama Kepesh karena hubungan mereka serba nggak jelas. Ia pun batal ke pesta kelulusan Consuela, padahal kehadirannya sangat dinantikan.

Ada ketakutan dalam diri Kepesh bahwa usia yang terpaut jauh akan membuat orang-orang memandang aneh akan hubungannya dengan Consuela. Ia telah memilki anak, Kenny Kepesh (Peter Sarsgaard) yang bahkan lebih tua dari Consuela. Bagaimanakah akhir dari kisah cinta ini? Akhirnya tidak jelas juga, yang penting setelah beberapa tahun Consuela menjauh dari Kepesh, ia pun mendatangi Kepesh ke apartemennya. Adegan film berakhir di rumah sakit, di mana Consuela dirawat setelah menjalani operasi pengangkatan kanker payudara.

Mungkin ini yang disebut orang puber kedua Pak Kepesh. Usia tua selalu membuat Kepesh khawatir bahwa ia tidak bisa lagi melakukan hal-hal yang biasa dilakukan orang yang masih muda. Percintaannya ini diceritakan Kepesh hanya ke temannya, George (Dennis Hopper).

“Usia tua mendekatimu secara diam-diam, dan hal berikutnya yang kautahu kau bertanya pada diri sendiri, aku bertanya pada diri sendiri, mengapa orang tua tidak bertindak sesuai usia sebenarnya? Apakah mungkin aku masih terlibat dalam aspek-aspek kehidupan duniawi? Karena, di pikiranku, tidak ada yang berubah,”kata David sambil menatap hujan yang turun lewat jendela apartemennya.

Saya suka akting Ben Kingsley di film ini dan betapa cantiknya Penelope Cruz dan saya menobatkannya sebagai aktris Hollywood tercantik.

Selamat menonton!

Comments