Mardaani




Memburu Sindikat Perdagangan Anak



Judul          : Mardaani
Sutradara  : Pradeep Sarkar
Pemain      : Rani Mukerji, Tahir Raj Bhasin, Priyanka Sharma, Jisshu Sengupta, Avneet Kaur

Berdasarkan data Markas Komisaris Tertinggi Hak Asasi Manusia (Officer of the High Commissioner for Human Rights) PBB sekitar dua tahun lalu, ada 1,2 juta anak-anak yang dijual di seluruh dunia untuk eksploitasi seksual atau dijual untuk dijadikan pekerja seks komersial (PSK). Sementara itu berdasarkan data Komisi Nasional Hak Asasi Manusia India (National Human Rights Commission of India), India disebut sebagai jaringan terbesar perdagangan anak-anak, dan 11 ribu lainnya diculik. Dan disebutkan bahwa setiap tahun ada sekitar 40 ribu anak diculik di India.

Mardaani adalah salah satu dedikasi yang ditunjukkan sebagai salah satu upaya memutus mata rantai perdagangan dan penculikan anak-anak di India. Cerita film ini berfokus pada upaya Inspektur Senior Kepolisian Mumbai, Shivani Shivaji Roy (Rani Mukerji) dalam mengungkap kasus perdagangan anak di India. Shivani bekerja di bagian tindak kriminal dan terkenal sebagai seorang polisi perempuan yang bersih, tidak mau menerima suap, dan tidak pantang menyerah. 

Perburuan Shivani dalam mengungkap sindikat perdagangan anak ini berawal ketika Pyaari (Priyanka Sharma), seorang anak jalanan yang tinggal di rumah singgah Andheri tiba-tiba menghilang. Pyaari telah dianggap menjadi bagian keluarganya oleh Shivani. Ia pun curiga Pyaari tidak benar-benar menghilang tapi diculik. Ia pun mulai melakukan investigasi, dibantu seorang polisi lainnya, Jafar.

Sedemikian ia berupaya mengungkap, Shivani harus menerima berbagai teror. Salah satunya dari Karan Rastogi (Tahir Raj Bhasin) yang merupakan anak laki-laki dari seorang germo, Meenu Rastogi (Mona Ambegaonkar). Termasuk juga suami Shivani, Dr. Bikram Roy (Jisshu Sengupta) dipermalukan oleh orang-orang suruhan Karan demi menghentikan upaya Shivani. Namun demikian, Shivani tak gentar, dengan dukungan suaminya, ia bertekad untuk menemukan siapa yang menculik Pyaari. 

Tak berhasil menemukan jejak jaringan sindikat ini di Mumbai, Shivani terbang ke New Delhi. Ia pun meminta bantuan kepala kepolisian di sana untuk mengungkap kasus ini. Mengungkap jaringan seperti ini tentu tak mudah, apalagi ada keterlibatan orang berpengaruh di dalamnya sehingga sangat sulit untuk diburu. Berhasilkan Shivani membuktikan siapa orang berpengaruh yang melindungi para sindikat ini?

Mardaani atau berarti seorang petarung ini memang menggambarkan keteguhan Shivani dalam memerangi tindak kriminal di negaranya. Tak ada adegan tari di sepanjang film ini sebagaimana lumrahnya drama Bollywood. Film ini adalah sebuah upaya bagaimana membuka mata semua pihak bahwa kejahatan terhadap anak-anak itu ada di sekitar kita.

Comments