Festival Keraton Asia Tenggara



Undang Beberapa Raja di Malaysia 

Sekjen FSKN Berkunjung Ke Malaysia



Mataram (Suara NTB)-
Pada bulan September mendatang, Festival Keraton Asia Tenggara akan diselenggarakan di Kota Mataram. Mulai saat ini panitia penyelenggara dari Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) telah mulai melakukan persiapan yaitu dengan sosialisasi ke raja-raja yang ada di Malaysia dan beberapa wilayah di nusantara. Dalam upaya sosialisasi dan mengundang secara langsung beberapa raja yang ada di Malaysia, belum lama ini Sekjen Forum Silaturahmi Keraton Nusantara, Kahrul Zaman, SH.,MH berkunjung ke Malaysia.
“Saya ke Malaysia atas undangan dari Ratu Selangor yang berkaitan dengan persiapan-persiapan yang akan kita kemas untuk pelaksanaan Festival Keraton Asia Tenggara di Lombok. Istilahnya saya datang untuk mepesilaq (mengundang)  mereka agar mereka bisa hadir disini karena ini adalah gawe besar,” terangnya ditemui di rumahnya, Kamis (27/6).
Dalam kesempatan tersebut, ia menemui beberapa lembaga adat dan Ketua Forum Silaturahmi Raja Nusantara Malaysia untuk membicarakan masalah kesiapan dan kehadiran mereka pada festival yang akan berlangsung akhir bulan September.

Pada pertemuan tersebut, mereka menyatakan siap untuk hadir memeriahkan Festival Keraton Asia Tenggara dengan membawa duta-duta kesenian masing-masing kerajaan. Karena dalam pertemuan tidak semua raja-raja yang ada di Malaysia hadir, undangan akan dilanjutkan oleh kerabat Kerajaan Selangor, Dato’ Seri Saripah Murliani.
“Mudah-mudahan tidak ada halangan para tamu kita nanti. Kalau raja berhalangan mungkin wakilnya yang akan membawa duta-dutanya kesini untuk meramaikan Festival Keraton Asia Tenggara,” ujarnya. 

Selain mengundang secara langsung beberapa kerajaan di Malaysia, Kahrul juga dalam waktu dekat akan berangkat ke Kutai Kartanegara Kalimantan Timur untuk mengundang raja disana. Ia juga akan menghadiri Festival Berau yang diadakan di daerah tersebut. Festival Berau yang akan dihadiri raja-raja dari beberapa kerajaan di Kalimantan dan Sulawesi akan dijadikan kesempatan untuk sosialisasi Festival Keraton Asia Tenggara di Lombok. “Kami akan mengadakan pertemuan dengan mereka dan mepesilaq mereka untuk datang,” ujarnya. 

Festival ini diharapkan pihaknya dapat memberi dampak positif bagi pariwisata NTB ke depan. Untuk itu pihaknya juga mengharapkan dukungan dari pemerintah provinsi NTB. Bakal calon anggota DPD RI ini mengatakan festival tersebut telah mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Kota Mataram. (Suara NTB/yan)

Comments