Ngabuburit di Perpusnas, Berburu Takjil di Benhil 

 



Perpustakaan Nasional menjadi tempat ideal untuk ngabuburit. Tempatnya nyaman, adem, dan hening, rasanya jam buka puasa tidak terlalu lama.

Berjam-jam duduk di sini sambil baca buku juga enggak bikin bosan.

Cuma sayangnya jam tutup di bulan Ramadan hanya sampai pukul 15.00. Kalau di hari biasa, buka sampai malam.

Saya ngabuburit ke Perpusnas pada Minggu (9/4/2023) sekalian balikin buku yang sudah lewat masa pinjamnya. Saya pinjam tiga buku sejak pertengahan Maret lalu, terus saya sempat perpanjang online. 

Perpusnas di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat ini selalu jadi tempat favoritku. Karena enggak bisa lagi pinjam buku untuk dibawa pulang sampai akhir April, akhirnya saya baca buku di tempat.

Saya memilih baca buku A Companion to JRR Tolkien, kumpula esai yang diedit oleh akademisi Universiatas Oxford, Stuart D. Lee.

Buku ini tebal banget dan saya baca beberapa poin penting seperti biografi singkat Tolkien dan timeline karya-karyanya. Saya memilih baca buku ini karena saya penyuka karya-karya Tolkien.

Kebetulan saya baru selesai membaca bukunya yang berjudul The Fall of Gondolin, yang saya balikin hari ini ke Perpusnas. Saya suka buku itu dan membuat saya lebih paham dengan dunia Middle-Earth dan kisah-kisah di dalamnya.

Karena waktu saya di Perpusnas terbatas, saya hanya bisa membaca sedikit saja. Ini bukunya tebal dan harganya mahal, saya lihat harganya Rp1.060.000, karena tertulis di dalam bukunya. 

Saya tandai sampai mana bacaan saya dan nanti saya lanjut baca lagi kalau main ke Perpusnas. Saya juga sudah hafal raknya di sebelah mana. hehe




Lantai favorit saya di Perpusnas adalah lantai 22 karena di sana banyak rak buku-buku fiksi baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. 

Lampu-lampu sudah dimatikan menjelang pukul 15.00 dan tandanya pengunjung diminta keluar. Setelah turun ke bawah, saya nongkrong dulu di bawah dan foto-foto sambil lihat kucing.








Dari Perpusnas, saya lanjut ngabuburit ke anjungan Halte Bundaran HI. Sejak anjungan ini dibuka tahun lalu, ini baru pertama kali saya main ke sini. Ternyata di atas banyak penjual makanan.







Salah satu tujuan saya hari Minggu itu juga ke pasar takjil di Benhil. Ini terkenal banget dan lima tahun di Jakarta, saya belum pernah jajan ke sini sekalipun. 

Dari Halte Benhil, saya jalan kaki ke pasar takjil dan lumayan sih, gak dekat-dekat banget. Di sini lalu lintas ramai banget, mungkin karena jalan gak lebar dan banyak mobil parkir pinggir jalan.

Sebelum sampai di pasar takjil, di pinggir-pinggir jalan yang saya lalui juga banyak orang jualan. Teryata pasarnya kecil. Karena lumayan ramai, ya pengunjung desak-desakan.

Yang dijual macam-macam, bukan cuma takjil tapi juga aneka lauk. Bingung deh mau beli apa.

Akhirnya saya cuma beli asinan buah dan harganya Rp20.000 per gelas. Enak, saya suka kuahnya yang asem dari jeruk sonkit.

Saya juga beli nasi padang lauk daging dendeng pedas dan jengkol, Rp25.000. Terus beli es jeruk Rp5.000 dan alpukat kocok Rp10.000.

Saya takut beli banyak makanan, selain karena irit juga takut gak habis dan jadi mubazir. Saya juga ketemu ada yang jual steak ayam, pengin beli tapi takut enggak kemakan karena kekenyangan, akhirnya skip. 

Salah satu makanan padang yang saya pengin: bubur kampiun, juga ada di sini. Harganya Rp25.000 per porsi. Pengin beli tapi takut enggak habis dan selain mahal juga menurutku heheh. Tapi pas nulis ini saya pengen deh dan berencana ke sana lagi haha

Saya juga nemu ada yang jualan ayam taliwang. Tapi pas mau beli pelecing, kata ibunya gak ada.

Abis selesai belanja, lanjut pulang, jalan kaki lagi ke halte. Di resto Bopet Mini, ada yang jual kudapan padang gitu, tertarik tapi karena yang ngantre banyak, akhirnya males dan lanjut jalan lagi ke halte.

Akhirnya kesampaian juga keinginan ke pasar takjil. Sebelum mudik pengen ke sana lagi sih beli bubur kampiun dan steak ayam. Coba deh nanti kalo gak males.

Comments

Popular Posts