50 Peserta Ikuti Audisi Gita Bahana Nusantara 2013



Salah satu peserta audisi Gita Bahana Nusantara 2013

Audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) kembali digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB. Audisi GBN tahun 2013 ini diikuti oleh 50 peserta se-NTB. Dari 50 peserta ini dipilih empat orang yang akan mewakili NTB di tingkat nasional. Mereka nantinya akan tampil dalam peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka dalam rangka HUT RI ke-68 pada tanggal 17 Agustus mendatang. 
Empat orang terpilih mewakili empat jenis suara yaitu sopran, alto, tenor, dan bass.

Kepala Disbudpar NTB melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Drs. Faisal mengatakan empat orang yang terpilih akan berangkat ke Jakarta pada bulan Juli mendatang. Mereka akan mengikuti karantina dan pelatihan di Jakarta selama 19 hari. Sebelum berangkat ke Jakarta, empat orang peserta terpilih akan dilatih terlebih dulu di daerah agar bisa tampil lebih maksimal dan percaya diri di tingkat nasional.

Faisal mengatakan audisi GBN ini selain untuk meningkatkan sumber daya geenerasi muda khususnya para pelajar SMA sederajat, kegiatan ini juga dihajatkan sebagai sarana menanamkan rasa nasionalisme dan semangat patriotisme. Dengan program GBN yang saban tahun diselenggarakan pihaknya diharapkan dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang berkarakter dan memiliki jati diri yang kuat.
Dalam audisi, peserta diwajibkan untuk membawakan lagu-lagu bertema patriotisme. Dengan demikian diharapkan muncul rasa bangga terhadap tanah air dan keragaman budaya yang dimiliki. 

Audisi GBN 2013 dinilai oleh tiga dewan juri. Tiga juri ini adalah dua orang dari daerah dan satu orang dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Mereka adalah Abdul Manan, Johani Hamdani, dan Rosa Laura. Selain dinilai melalui kemampuan vokal dalam menyanyikan lagu perjuangan, para peserta juga dinilai dari kemampuan membaca not balok. 

Faisal menyebutkan 50 peserta tersebut sebanyak 27 orang dari Kota Mataram, enam orang dari Lombok Utara, satu orang dari Lombok Timur, enam orang dari Kabupaten Sumbawa dan tiga orang dari Kabupaten Dompu. “Ada tambahan tiga orang sehingga seluruh peserta berjumlah 50 orang,” tandasnya. (yan)

Comments

  1. Bersatulah Gita Bahana Nusantara, dua kali seleksi tapi gak lulus gara-gara notasi -_-

    ReplyDelete

Post a Comment