Dian Citra, Promosi Potensi NTB di Ajang Puteri Kopi Indonesia 2013



Mewakili NTB di tingkat nasional dimanfaatkan oleh Duta Wisata NTB, Dian Citra untuk mempromosikan berbagai potensi NTB. Dian Citra mewakili NTB dalam Pemilihan Puteri Kopi Indonesia 2013 di Jakarta belum lama ini. Dian tidak menyia-nyiakan kesempatan emas tersebut untuk berbagi informasi tentang NTB. Tidak hanya hal spesifik seperti kopi, sesuai dengan apa yang dilombakan. Tapi juga pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan daerah ini.


“Pastinya disana saya promosikan kopi-kopi unggulan NTB. Kopi jenis apa saja yang dihasilkan juga cita rasanya,” ujarnya kepada Suara NTB, Selasa (28/5). Menurut penuturannya banyak finalis lain menanyakan tentang pariwisata NTB yang memang sudah kesohor di tingkat nasional. Ia pun menjelaskan dari transportasi, akomodasi dan objek-objek wisata unggulan yang ada di daerah ini. “Mereka tertarik dan merencanakan liburan akhir tahun datang backpacker-an ke Lombok,” ujarnya.


Dian mengungkapkan baru kali ini dia mewakili NTB dalam ajang berskala nasional. Itu cukup membuatnya deg-degan namun juga senang. Dalam kontes yang diikuti oleh perwakilan seluruh provinsi di Indonesia, kecuali Sulawesi Selatan, Dian mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan baru. 


Pada masa karantina yang berlangsung dari tanggal 10-17 Mei, rombongan finalis diajak mengunjungi perkebunan kopi. “Itu yang paling menarik,” ujarnya. Di perkebunan kopi, ia bisa melihat budidaya tanaman kopi, bagaimam cara memetik biji kopi yang baik sampai pada proses produksi biji kopi yang berkualitas. “Banyak dapat pelajaran juga tentang bisnis kopi dan agrowisata tanaman kopi,” ujar karyawan sebuah bank di Mataram ini.

Sebagai bekal pengetahuannya tentang ihwal perkopian sebelum berangkat ke Jakarta, perempuan bernama lengkap Ni Made Dwi Citra Budiani ini banyak browsing internet tentang kopi. Ia juga mendapat informasi mengenai kopi-kopi yang dihasilkan di NTB dari Dinas Perkebunan NTB.

Published on Suara NTB
Dian Citra

Comments