Masuk 10 Besar dan Runner Up 1 Puteri Pariwisata Berbakat PPI 2013 ; Lebih Semangat Promosikan NTB

She's not only beautiful, but she has a golden heart


Prestasi kembali ditorehkan wakil NTB dalam ajang Pemilihan Puteri Pariwisata Indonesia (PPI) 2013. Setelah di tahun 2012 wakil NTB berhasil masuk 10 besar, tahun ini NTB kembali berhasil masuk 10 besar. Tidak hanya itu, Ninda Putri Laili yang mewakili NTB juga berhasil menjadi Runner Up 1 Puteri Pariwisata Berbakat Indonesia.

Dengan prestasi tersebut, Ninda Putri Laili yang biasa dipanggil Putri mengaku sangat bangga karena bisa memberikan sesuatu untuk NTB. "Pasti senang dan bangga banget bisa membawa sesuatu untuk NTB. Disana saya bisa menjadi  representati untuk NTB dan memperkenalkan NTB di tingkat nasional. Bangga sekali bisa  berkontribusi dan mengharumkan nama NTB," cetusnya ditemui di kediamannya di Ampenan, Rabu (25/9) siang.

Tidak hanya bangga dapat mengharumkan nama NTB di kancah nasional, Putri juga mengaku dengan prestasi tersebut ia menjadi lebih bersemangat untuk terus berkontribusi dalam mempromosikan pariwisata NTB ke depan. "Saya akan tetap berpromosi. Dengan ikut PPI jadi banyak link (jaringan). Jadinya lebih semangat lagi untuk  mempromosikan NTB," ujarnya.

Dalam mempromosikan pariwisata NTB, perempuan dengan sederet prestasi ini banyak  menggunakan media sosial. Karena sekarang ini banyak akun media sosial yang bisa dimanfaatkan oleh siapapun seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, blog, dan lain sebagainya. "Sekarang semua sudah canggih, kita bisa promosi kemana-mana dan dapat menunjukkan kalau kita tidak kalah dengan daerah lain," ujarnya.

Masuk 10 besar apalagi bisa menyabet Runner Up 1 Puteri Pariwisata Berbakat menurutnya tidaklah mudah, karena bersaing dengan 35 peserta dari seluruh Indonesia. Namun dengan berbagai usaha dan persiapan yang matang, akhirnya prestasi itu dapat diraih. "Memang kalau kita sudah berusaha dan sungguh-sungguh, tidak ada sesuatu yang tidak mungkin," ujar perempuan ramah ini.

Masa-masa karantina selama dua minggu di Jakarta, Putri mengaku banyak sekali pengalaman berharga yang didapatkan. Pada saat karantina, ia pun menggunakan waktu tersebut untuk mempromosikan pariwisata NTB dengan maksimal baik kepada para juri maupun finalis lainnya.

"Setiap pembekalan ada sesi sharing mengenai pariwisata masing-masing daerah. Saya kenalkan berbagai destinasi wisata di NTB sehingga mereka tahu Tambora, pantai Mandalika, gili-gili, Pulau Moyo, dan sebagainya. Itu momen dimana  saya bisa berkontribusi mempromosikan pariwisata NTB. Pokoknya proud to be part of NTB," terang mahasiswi Bahasa Inggris, FKIP Universitas Mataram ini.

Dalam presentasi khusus pada saat penjurian, ia juga tak lupa mempresentasikan event Tambora Menyapa Dunia yang akan diselenggarakan pada tahun 2015. Tambora dijelaskan sebagai gunung yang letusannya sangat dahsyat yang mempengaruhi dunia.

Putri berharap ke depan NTB semakin dikenal masyarakat luas dan perkembangan pariwisata NTB bisa lebih meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Karena pariwisata akan berkontribusi langsung dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Ia juga berharap agar masyarakat NTB lebih sadar wisata dan ikut menciptakan sapta pesona. "Karena itu faktor penting. Kalau itu tidak ada, nggak ada orang mau datang kesini," ujarnya.

Agar prestasi NTB ini dapat dipertahankan di tahun-tahun mendatang, bahkan bisa masuk lima besar, Putri berpesan kepada para Duta Wisata NTB untuk mulai perluas pengetahuan tentang daerah dan pariwisata mulai dari sekarang. Seorang Duta Wisata juga menurutnya harus menyadari betapa penting pariwisata. "Gunakan waktu sebaik dan seefektif mungkin. Jangan sampai membuang-buang waktu. Tingkatkan public relation. Smart, charming, and hospitality," pungkasnya. 

NB:
Artikel ini pernah dimuat di Harian Suara NTB sekitar tahun 2013.

Comments