Perjuangan untuk Ibu







Adalah seorang anak perempuan Afghanistan berumur 12 tahun yang rela mencukur habis rambutnya dan menyamar menjadi anak laki-laki demi membantu ibunya yang kehilangan pekerjaannya.

Sejak Taliban berkuasa di Afghanistan, para perempuan dilarang untuk bekerja di luar rumah. Para perempuan juga dilarang keluar rumah tanpa laki-laki yang menjadi muhrimnya. Ibu anak perempuan tersebut yang semula bekerja di sebuah rumah sakit akhirnya keluar dari pekerjaannya. Sedangkan tidak ada satu laki-laki pun di keluarganya. Suami dan saudara laki-lakinya tewas dalam pertempuran selama invasi Uni Soviet dan perang sipil di negara tersebut. Setiap perempuan yang diketahui bekerja di luar rumah dan keluar rumah tanpa suami atau anak lak-laki akan ditangkap dan dihukum.

Terinspirasi sebuah cerita dimana seorang anak perempuan yang pergi dan berdiri dibawah pelangi dan berubah menjadi laki-laki, ibunya meminta anaknya untuk menyamar menjadi anak laki-laki dan diberikan nama Osama. Akhirnya Osama bekerja di sebuah toko penjual makanan.

Untuk menutupi identitasnya, Osama pun bergaul dengan teman laki-lakinya tetapi sikap perempuannya yang kadang muncul mengundang curiga.

Pada saat Taliban merekrut prajurit baru dengan melatih anak-anak, Osama diambil dari rumahnya dan mengikuti pelatihan militer. Pada suatu waktu anak-anak diajarkan bagaimana bertarung dan cara membersihkan diri secara Islami (berwudhu), namun akhirnya identitas terbuka ketika ia tak bisa mengelak bahwa masa menstruasinya telah datang.

Osama pun ditangkap dan dipenjara. Taliban memutuskan untuk memberikannya hukuman rajam tetapi batal dan hidupnya terselamatkan ketika seorang kakek meminta kepada Taliban untuk menikahi Osama dan dijadikan istri keempat. Osama tak berdaya untuk melawan. Meskipun memberontak tetapi ia tetap dibawa oleh kakek yang telah menjadi suaminya tersebut.

Itulah perjuangan Osama untuk menyelamatkan keluarganya agar tetap bertahan hidup dalam kondisi yang memprihatinkan dan terkadang kelaparan. Ia rela kehilangan masa kanak-kanaknya agar ibunya dan neneknya tak lagi kelaparan.

Osama ialah film berbahasa Persia yang diproduksi pada tahun 2003. Film ini dibuat di Afghanistan yang disutradari oleh Siddiq Barmak. Osama diperankan oleh Marina Golbahari.
Film ini telah mendapat banyak penghargaan di festival film internasional seperti Cannes Film Festival, film berbahasa asing terbaik Golden Globe Awards dan masih banyak lagi.   




Judul        : Osama
Pemain      : Marina Golbahari, Arif Herati, Zubaida Sahar, Khwaja Nader
Sutradara    : Siddiq Barmak
Bahasa       : Persia
Tahun Rilis  : 2003
Durasi       : 83 menit
 

Comments