Jalan-Jalan ke PIK Naik Busway

 

Gerbang depan Pantjoran Chinatown


Salah satu tempat hits di Jakarta belakangan ini adalah Pantai Indah Kapuk (PIK), khususnya kawasan PIK 2. Karena melihat tempat ini banyak berseliweran di Instagram, saya masukkan PIK 2 dalam bucketlist tempat-tempat yang harus saya datangi di Jakarta.

Pada akhir Agustus, saat libur kerja, saya akhirnya jalan-jalan ke PIK 2 dan naik Transjakarta. Kalau ada yang murah, kenapa mesti yang mahal kan? Hehe. Ongkos PP ke PIK 2 dari kos saya cuma Rp7.000.

Dari kos saya jalan kaki ke Halte Kebayoran Lama Kodim, lumayan lah sekitar 10 menitan. Dari halte Kodim, naik Transjakarta koridor 8 (Lebak Bulus-Harmoni), turun di halte terakhir di Harmoni. Transit di Harmoni lalu lanjut baik Transjakarta jurusan Balai Kota-Pantai Maju. Udah deh gitu aja.



Awalnya kupikir enggak terlalu jauh dari kota tua, tapi eee busyet jauh ternyata guys. Tapi ya udah saya menikmati saja perjalanannya karena ini pertama kali banget saya main ke daerah utara ini. 

Saya turun di Pantai Maju, pemberhentian terakhir. Di sini gak ada halte Transjakarta ya, cuma pemberhentian bus pinggir jalan. Abis itu saya bingung deh mesti kemana karena belum pernah kan. Akhirnya saya ikuti deh orang-orang yang tadi satu bus dengan saya haha.

Dari jauh sudah keliatan tuh bangunan ikonik PIK yang ada di Chinatown. Tapi saya memilih ke Urban Farm dulu, dengan niat cari makan. Saya juga cari toko buku Transit di Urban Farm, tapi ternyata enggak ketemu, mungkin aku gak begitu fokus merhatiin tulisannya waktu itu. 



Dari Urban Farm, saya belok kiri dan keliling tuh sampai ujung banget, melewati Kemchick, sampai ujung, belok kiri sampai mentok. Dan saya bingung mau makan apa dan mau kemana. Saya mikir, namanya aja "pantai" kan tapi di mana pantainya? 

Akhirnya saya naik ke area Batavia dan masih mencari di mana pantainya, haha. Ternyata bukan pantai seperti yang saya lihat di kampung saya. Akhirnya jalan-jalan deh di situ, lihat orang pada baik skuter atau motor listrik sewaan. Saya gak jadi sewa karena uangnya bisa untuk beli makan haha

Saya makan di Reddog. Duduk-duduk dulu di situ baru lanjut jalan lagi. 





Di sini tuh bersih banget. Ada toilet umum dan juga bersih. Cukup bayar retribusi Rp2.000.

Lanjut jalan lagi ke COVE dan ketemu kafe gelato. Mampir deh beli. Tempatnya bagus dan viewnya pinggir pantai.





Dari COVE nyeberang ke Pantjoran Chinatown. Rame bangetttt. Di sini full tempat makan. Surga kuliner. Yang suka makan wajib ke sini. Di sini juga ramai banget. Di sini saya mampir di toko es krim Zangrandi, salah satu toko es krim yang udah ada sejak zaman dulu. Terus mampir ke toko teh yang emang dari dulu pengen aku cobain, Haveltea. Beli satu jenis teh untuk oleh-oleh bawa ke kos.















Karena udah mau magrib akhirnya saya pulang. Naik Transjakarta lagi dong. Karena perjalanan cukup jauh, saya memilih tidur di bus. 

Kalau dilihat di Google Maps, jarak dari kos saya ke PIK sekitar 18 kilometer. Tapi karena naik busway, perjalanan jadi cukup panjang. 

Kalau ke Jakarta, PIK 2 wajib jadi tempat yang harus didatangi. Saya merasa sedang berada di luar negeri. Vibenya sangat luar negeri. Hehehe. Desain kafe-kafenya tuh keren-keren banget.

Insyaallah saya pasti datang lagi karena belum kesampaian ke toko buku Transit dan mau kulineran lagi.

Tonton nih teman-teman hihi:



Comments

Popular Posts