Jangan Benci Hari Senin!




Judul Buku: Simple Matters; A Scandinavian's Approach to Work, Home, and Style

Penulis: Jenny Mustard

Bahasa: Inggris


Skandinavia dalam pikiran saya adalah kawasan yang penuh ketenangan, damai, dan dingin. Saya membayangkan diri saya road trip di kawasan tersebut saat membaca buku ini.

Dalam bayangan saya, penduduk di kawasan ini menerapkan prinsip slow living, sederhana, dan pembersih..

Ada banyak poin yang dibahas dalam buku ini. Salah satunya soal keberanian penulis keluar dari zona nyaman. Jenny Mustard berbagi pengalaman pribadinya ketika memutuskan pindah dari negaranya, Swedia, ke London, Inggris bersama pasangannya, David.

Memutuskan keluar dari zona nyaman itu tentu tidak mudah. Banyak pertimbangan. Harus memikirkan berbagai hal. Belum lagi berat harus berpisah dari keluarga.

Jangankan pindah negara, pindah kota aja, seperti yang saya alami, itu gak mudah. Memberikan pemahaman ke orang terdekat tentang pilihan kita menjadi salah satu tantangannya.

Jenny Mustard juga mengajak kita bagaimana menerima ketidaksempurnaan kita. Nobody's perfect, so let's embrace it. Kita juga tidak harus serba bisa dalam banyak hal. Ini pemikiran yang membebaskan kita sehingga kita tidak akan terbebani dalam menjalani apapun.

Buku ini juga membahas bagaimana kita harus menata rumah, mengisi dapur, memilih pakaian, dan tips saat bepergian dengan menerapkan prinsip minimalisme. Jenny menulis, orang Swedia biasanya punya pojok khusus di rumahnya yang menjadi tempat untuk menikmati berbagai hal seperti membaca, makan, dan lainnya, yang disebut myshorna.

Dia juga menyelipkan beberapa resep masakan dalam buku ini. Hal yang saya suka dari buku ini ialah gambar-gambarnya yang sangat minimalis tapi estetik. 

Jenny juga mengajak kita jangan benci lagi datangnya hari Senin haha. Malah kita diajak untuk bersyukur dalam mengawali hari pertama bekerja setelah libur akhir pekan. Kita kesal setiap hari Senin datang, pikiran semacam itu justru membuat waktu terasa berjalan lamban dan membuat kita tidak produktif. Berharap waktu berjalan cepat, dari Senin menuju akhir pekan, itu justru hal yang sia-sia.

Waktu itu berharga, jadi manfaatkanlah dan nikmati waktu yang berjalan di hari Senin maupun hari-hari lainnya. Don't fret.

"Time is precious. We don't have infinite amount, and wanting it to move quicker seems like a waste of it."


So, thank God, it's Monday!


Do not forget to read book! 


Xoxo

Comments

Popular Posts