Because My Body is A Wonderland



Because my body is a wonderland, that's why I do love my body. Memikirkan sistem kerja semua organ-organ di dalam tubuh kita membuat saya merinding. Betapa ALLAH SWT, Tuhan itu Maha Pintar mendesain tubuh manusia dengan sistem-sistem yang canggih di dalamnya. Bayangkan semua sistem yang saling terkait dan mendukung satu sama lain. Subhanallah. Allahuakbar.

Tubuh ini adalah investasi terbesar dalam hidup kita. Kalau saja ada anggota badan kita yang sakit atau tidak berfungsi, kita nggak akan bisa bekerja maksimal. Kita nggak akan bisa cari uang untuk menghidupi diri sendiri dan keluarga kita. Karena tubuh ini adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Indah, maka saya akan menjaganya. Biar tubuh saya tetap sehat dan bisa tetap bekerja dengan maksimal, biar bisa tetap mengejar mimpi-mimpi saya yang sangat panjang tertulis dalam wishlist saya. Hehehe

Bagaimana saya menjaganya? Mulai dari hal-hal kecil dulu. Misalnya; sudah sekitar setahun lebih saya nggak pernah lagi minum minuman berkarbonasi alias minuman soda. Saya juga nggak lagi minum kopi sudah dua tahun ini. Saya nggak berani bilang kalau kopi itu nggak sehat ya (takut digebukin penggemar kopi hahaha), tapi saya berhenti minum kopi karena pengalaman buruk. Sekitar dua tahun lalu, saya minum kopi kemasan dua kotak sekaligus. Tiba-tiba badan saya langsung gemetaran, jantung berdetak kencang, saya pikir waktu itu saya akan segera meninggalkan dunia ini, hahaha.. Tapi alhamdulillah masih bernafas sampai sekarang. Sejak saat itu saya putuskan tidak lagi minum kopi, kalau lagi pengen banget, kadang nyicip aja dikit punya temen pas lagi nongkrong bareng di coffee shop.

Selain 'putus cinta' dari dua jenis minuman di atas, saya juga mulai mengikuti pola makan food combining. Alhamdulillah sudah sepekan ini berjalan, dan moga saja daku tetap konsisten. Tapi kalau lagi pengen makan fast food macam pizza, burger, spagetti, kebab, bolehlah ya cheating sekali seminggu, hahaha.

Seminggu mengikuti food combining, dampaknya memang belum kelihatan. Saya ikuti ini bukan karena ngikutin tren, tapi atas kesadaran sendiri demi tubuh yang saya cintai ini. Saya 'menebus dosa' saya selama ini karena kerap makan serampangan, saya kasian sama tubuh saya yang nggak pernah saya jaga dan rawat dengan penuh tanggung jawab.

Memang sih food combining yang saya lakukan belum sempurna, tapi pelan-pelan semoga bisa konsisten ke depannya. Setiap pagi misalnya saya belum pernah minum air hangat ditambah perasan lemon atau jeruk nipis. Tapi saya minum infused water dan rutin sarapan buah. Saya juga mulai konsisten untuk tidak menggabungkan karbohidrat dengan protein hewani. Kalau saya lagi tergoda pengen makan menu seafood di warteg langganan saya, saya nggak pesan pake nasi, dan jenis sayurnya saya perbanyak.

Ini juga bukan 'nyiksa diri' dan tidak menikmati hidup. Karena sempat ada kawan saya yang bilang dengan menerapkan pola ini saya menyiksa diri. Tapi maklumi saja deh karena dia nggak ngerti dan mungkin kurang baca, *eh. Badan saya ini adalah investasi dan modal yang diberikan secara gratis oleh Tuhan Maha Kuasa, untuk itulah saya berketetapan hati untuk menjaganya dengan sebaik mungkin. Salah satunya dengan food combining ini. Semoga saya konsisten biar tetap bugar dan sehat dalam menuntut rezeki-Nya. Aamiin. Mari hidup sehat saudara-saudara. *wink*

Comments

Popular Posts