Berkunjung ke proyek LRT Kelapa Gading








Jakarta akan segera memiliki layanan transportasi LRT (Light Rail Transit). LRT adalah kereta yang lintasannya dibangun di atas jalan raya. Salah satunya untuk mengurai kemacetan jalan raya yang tak tuntas di Jakarta.

Aku pernah naik LRT saat berada di Kuala Lumpur 2015 lalu. Gerbong LRT tak terlalu panjang sebagaimana KRL atau MRT.

Pada 25 Januari 2018, aku berkesempatan berkunjung sekaligus liputan ke depo LRT yang ada di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Saat itu Direktur Proyek LRT Jakarta, Allan Tandiono menjelaskan progres proyek pembangunan LRT termasuk kapan gerbong kereta akan sampai di Jakarta. Gerbong ini dipesan langsung dari Korea Selatan.

Pengerjaan proyek ini dipercepat untuk mengejar pelaksanaan Asian Games pada Agustus 2018 mendatang. LRT akan menjadi alat transportasi para atlet dan official Asian Games.

Rencananya LRT akan mulai beroperasi 13 Agustus mendatang (soft operation), lima hari sebelum pembukaan Asian Games yang dijadwalkan tanggal 18 Agustus.

Serunya dari liputan LRT ini, para wartawan diajak melihat langsung proses pemasangan rel proyek ini. Sebelum masuk ke lokasi proyek, kami harus menggunakan perkakas lengkap demi keamanan dan keselamatan.

Bareng si cantik Dinda (wartawan Jawa Pos)

Kami harus memakai rompi, helm, dan sepatu boots. Bagi yang tak memakai peralatan lengkap, dilarang memasuki lokasi proyek. Tampilan kami tiba-tiba layaknya mandor proyek. LOL.


Kami pun naik ke lokasi pemasangan rel. Lokasinya cukup tinggi dan kami harus menaiki tangga besi yang pembatasnya hanya ditutupi kain kasa. Menegangkan.

Ini tangga besinya.

Di situ aku berusaha melawan ketakutanku akan ketinggian. Huhuhu. Alhamdulillah berhasil yah. Naik dan turunnya selamat. Haha

Di atas setelah melihat para pekerja memasang rel, tak lupa berposes sampai memori ponsel full. Itu salah satu pengalaman liputanku yang seru.




Semoga proyeknya segera rampung sesuai target. Jika nanti LRT telah beroperasi, warga Jakarta akan memiliki lebih banyak opsi transportasi publik. Sehingga mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan akan berdampak pada turunnya tingkat kemacetan Ibu Kota. I hope so and so does everyone.

Lagak mandor. Wkkwkw




Comments