Review Film Terbaru Shah Rukh Khan "Pathaan"

 


Sutradara: Siddharth Anand

Pemain: Shah Rukh Khan, John Abraham, Deepika Padukone, Dimple Kapadia

Tahun: 2023


"Cinta dan parfum tak bisa disembunyikan"


Akhirnya bisa nonton film terbarunya Shah Rukh Khan, my most favourite Bollywood actor. My forever crush. Haha.

Been a long time and finally, here it is. Dan sekarang masih tayang di bioskop. Ayo segera nonton. Saya nonton film ini di bioskop XXI Plaza Senayan, Minggu (29/1/2023).

Penontonnya lumayan banyak di satu studio dan waktu itu ada 4 kali jam tayang. Pathaan memang disebut sebagai salah satu film dengan pendapatan terbesar di hari pertama rilis pada tanggal 25 Januari.

Oke mari kita review.

Menurutku ini penantian yang tidak mengecewakan. SRK dengan umur yang terus bertambah, 57 tahun, tapi energinya benar-benar masih seperti pria yang berusia 30-an.

Opening Pathaan ini berasa seperti Bond 007 vibes. Ada adegan pertarungan di awal film.  

Pathaan (SRK) adalah agen India yang sedang dalam pengasingan. Dia diminta kembali bertugas oleh Nandini (Dimple Kapadia), kepala JOCR, semacam lembaga operasi gabungan dan terselubung, untuk memburu Jim (John Abraham). Jim adalah mantan agen RAW (dinas intelijen India) dan kemudian memimpin kelompok Outfix X yang ditetapkan sebagai kelompok teror oleh India.

Jim dipekerjakan Jenderal Qadir dari Pakistan untuk menyebarkan virus cacar yang sudah dimutasi dan sangat mematikan ke India, disebut Raktbeej.

Tindakan Jenderal Qadir ini dipicu persoalan di Kashmir, di mana India mencabut Pasal 370 terkait status khusus Jammu dan Kashmir pada 2019. Kashmir adalah wilayah yang disengketakan India dan Pakistan sampai detik ini.

Dalam melakukan aksinya, Pathaan bekerja sama dengan Dr Rubina 'Rubai' Mohsin (Deepika Padukone), agen ISI (badan intelijen Pakistan). Mereka berusaha menghentikan Jim, mencari di mana mutasi virus tersebut disimpan. Namun ternyata Rubai mengkhianati Pathaan dan berpihak pada Jim.

Pathaan gagal mendapatkan bibit virus tersebut dan malah ditangkap di Rusia. Kenapa Rusia? Karena hasil mutasi virus itu disimpan di sebuah tempat di Rusia.

Latar tempat film ini berpindah-pindah mulai dari New Delhi, Dubai, Afrika Selatan, Spanyol, Afghanistan, dan Paris. Vibesnya ya kayak nonton James Bond yang biasanya berlatar tempat di negara-negara dengan pemandangan indah.


Action atau gebuk-gebukannya cukup intens dari awal sampai akhir film. Dan di tengah-tengah film ada kejutan dengan kemunculan Tiger (Salman Khan), agen intelijen India yang juga punya film khusus, Tiger Zinda Hai. Maaf kalau spoiler.

Walaupun arah film bisa ketebak, tapi penonton agak dimainkan dengan beberapa plot twist, dan gak ketebak. Salah mulu tebakan gue haha. Dan ada part yang bikin deg-degan setengah mati dan bikin saya nangis pada akhirnya. Haha

Di sini lagunya cuma dua dan bagus-bagus. Suka banget sama gerakan dance SRK di lagu Jhoome Jo Pathaan, mengingatkanku dengan gerakan dance Salman Khan di Tiger Zinda Hai yang khas dengan menggerakkan telapak tangannya haha

Efek visual dan sinematografinya keren. Saya paling suka adegan waktu kejar-kejaran di danau yang membeku. Lihat Rubai kejar-kejaran di sini menggunakan sepatu ski, dia seperti sedang berdansa haha. 

Ada juga beberapa adegan yang mesti pake slow motion khas India. Aduh ya sudahlah tapi overall film ini bisa jadi penawar kangen dengan penampilan Shah Rukh Khan. He's getting older but much more hotter. 

Ini come back yang tidak mengecewakan. Bukan seperti Dilwale yang mengecewakan dan salah satu film jelek SRK.


Deepika juga oke juga berperan sebagai mata-mata. Saya paling senang waktu adegan dia menembak dengan senapan mesin di akhir film. Terlihat sangat powerful.

Dan satu lagi, saya suka banget sama penampilan Dimple Kapadia. Ibu ini aktingnya keren banget.

Buruan nonton mumpung masih tayang. Harus nonton di bioskop biar puas lihat SRK haha


Comments

Popular Posts