Serunya Baca Buku Anak-Anak

 


Belakangan ini saya gemar sekali membaca buku anak-anak. Awal tahun ini ada beberapa buku anak-anak yang saya baca, khususnya buku-buku klasik.

Beberapa tahun lalu saya juga membaca beberapa buku anak-anak seperti Charlie and the Chocolate Factory, BFG, Cat in the HatThe Little Prince, Na Willa, dan Fortunately the Milk. Sedangkan tahun lalu saya menyelesaikan baca Matilda.

Saya sebentar lagi berusia 36 tahun tapi saya mulai menyadari saya sangat suka buku anak-anak dan genre fantasy. Mungkin ini sebagai 'balas dendam' pribadi karena saat masih kecil akses untuk mendapatkan buku anak-anak sangat terbatas bahkan bisa dibilang tidak ada, kecuali buku-buku di perpustakaan sekolah yang itupun jumlahnya terbatas.

Akhirnya setelah sekarang sudah ada akses itu, saya tidak menyia-nyiakan kesempatan dan started indulging into children and fantasy books.

Walaupun kisah dalam buku anak-anak itu sangat sederhana, tapi moral valuenya bersifat universal dan bahkan juga bisa mengingatkan kita yang telah dewasa jika ada nilai-nilai yang sudah kita lupakan. 

Selain itu saya membaca buku anak-anak untuk hiburan karena ceritanya banyak yang menggemaskan dan disertai ilustrasi atau gambar-gambar keren.

Ada 4 buku anak-anak yang kubaca dalam dua bulan terakhir ini.

Pertama, A Apple Pie karya Kate Greenaway

Buku anak-anak klasik disertai ilustrasi menarik. Buku ini pertama kali terbit tahun 1886. 

Buku ini sangat singkat. Menceritakan tentang kue pie apel. Setiap cerita dimulai dengan kalimat diawali huruf A sampai Z. Tapi tidak ada huruf I dan langsung lompat ke J. Setiap bab atau yang mewakili satu huruf itu hanya berisi satu kalimat dengan beberapa kata. Misalnya A: a apple pie. B: bit it etc haha 

Ini semacam buku untuk pengenalan abjad untuk anak-anak. Tapi gambarnya lucu. Aku suka. 

Aku heran kenapa "a apple" bukan "an apple" ??













Kedua, My Treasure karya Thomas W Handford (Ilustration by Kate Greenaway) 

Buku ini pertama kali terbit tahun 1887-1888. Ceritanya ringan, dengan beragam tema dan ada juga beberapa puisi. Ilustrasinya cantik dan berwarna.

Ketiga, The Life and Adventures of Santa Claus karya L. Frank Baum.

Ini mengisahkan tentang sejarah hidup Santa Klaus atau Sinterklas. Saat bayi, Klaus dibuang di tepi hutan lalu dirawat oleh seorang peri hutan yang tinggal di Hutan Burzee. Buku ini mengisahkan kehidupan Klaus dari dia bayi sampai dewasa dan apa yang menginspirasinya berkeliling dunia setiap malam Natal untuk membagikan hadiah pada anak-anak.

Keempat, Marigold Garden karya Kate Greenaway.

Ini semacam kumpulan puisi atau sajak, disertai ilustrasi indah. I love it.






















Rencananya tahun ini aku akan baca beberapa buku anak lagi yang sudah ada di TBR-ku.

Jangan lupa baca buku, bestie! Xoxo

Comments

Popular Posts