Review Buku Karya Istrinya Harry Potter, Bukan Soal Sihir


Judul Buku: Go Gently: Actionable Steps to Nurture Yourself and the Planet

Penulis: Bonnie Wright

Bahasa: Inggris


Bonnie Wright adalah pemerang Ginny Weasley, pacar yang kemudian menjadi istri Harry Potter dalam film Harry Potter. Kini Bonnie merupakan aktivis lingkungan yang cukup aktif.

Buku Go Gently ini cukup mudah dipahami dan cocok untuk anak-anak muda yang ingin mendapat insight tentang pentingnya ikut berkontribusi menjaga lingkungan dan bagaimana kita beradaptasi dalam menghadapi perubahan iklim, setidaknya dimulai dari diri kita sendiri.

Artis asal Inggris yang kini menetap di Amerika Serikat ini juga duta Greenpeace. Buku ini cukup menarik karena tentunya disertai gambar dan resep masakan favorit Bonnie. Sebagai orang yang suka makan, tentu ini poin plusnya. hehe

Apa kaitannya makanan dengan perubahan iklim? Jangan salah, cara kita mengolah dan menyiapkan makanan juga punya dampak terhadap lingkungan, dan dijelaskan dengan cukup mudah dimengerti dalam buku ini.

Di bab pertama buku ini, Bonnie menjelaskan tentang apa itu rumah kaca, bagaimana rumah kaca terbentuk dan dampaknya bagi Bumi. Dijelaskan juga tentang minyak Bumi yang bersumber dari fosil dan dampaknya jika terus menerus digali. Makanya seperti yang saya katakan sebelumnya, buku ini cocok untuk anak-anak dan remaja yang ingin belajar soal perubahan iklim serta dampaknya terhadap lingkungan.

Hal yang juga menarik menurut saya adalah ketika Bonnie mengkritik soal "sustainability" yang kerap digaungkan brand-brand dan perusahaan serta pemerintah, namun pada kenyataannya itu tidak sejalan dengan operasional brand atau perusahaan tersebut, dan program pemerintah di lapangan. Sustainability atau keberlangsungan ini hanya semacam lip service doang. Ini yang disebutnya sebagai "greenwashing", tanpa ada tindakan lebih untuk melindungi lingkungan dalam berbagai kebijakan.

Bonnie juga memberikan berbagai macam tips di dalam buku ini seperti bagaimana membuat kompos, menggunakan kembali barang-barang yang masih bisa dipakai untuk mengurangi limbah dan sampah, sampai bagaimana cara menyimpan buah dan sayur agar tidak mudah busuk.

Saya salut sih dia cukup konsisten mengubah gaya hidupnya karena begitu tingginya kepedulian dia terhadap lingkungan. Di buku ini, dia juga mewawancarai sejumlah aktivis lingkungan yang berbagi pengalaman mereka terlibat dalam berbagai kegiatan lingkungan dan mengubah pola pikir masyarakat agar mau peduli terhadap Bumi ini.

This is a good read and insightful. Looking forward to try and recook some of Bonnie's recipes in this book.

Comments

Popular Posts