Pekanbaru Seminggu Sebelum Teror Mapolda




Dalam dua pekan terakhir, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan peristiwa teror yang terjadi berurutan atau berjarak hanya beberapa hari. Serangkaian peristiwa teror ini dipicu kerusuhan napi teroris di Rutan Salemba cabang Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat pada Selasa, 8 Mei 2018 malam. 

Dalam peristiwa ini, para napi teroris menyandera enam polisi dan lima di antaranya gugur. Kemudian disusul pengeboman di tiga gereja di Surabaya pada Minggu, 13 Mei 2018 pagi. Besoknya bom kembali terjadi di Mapolrestabes Surabaya dan pada Rabu, 16 Mei 2018, Mapolda Riau didatangi sekelompok teroris. Seminggu sebelumnya, aku berada di Pekanbaru dan sempat melewati Mapolda Riau. Turut berduka cita sedalam-dalamnya untuk semua korban teror. So sad. 


Waktu peristiwa teror pertama terjadi, aku sedang berada di Pekanbaru, Riau. Waktu itu cuma dengar informasi beredar di grup WA dan tak begitu mengikuti karena sibuk dengan agenda liputan.

Aku berada di Pekanbaru untuk mengikuti rapat kerja nasional (rakernas) Partai Hanura yang berlangsung selama dua hari, Selasa-Rabu, 8-9 Mei. Berangkat dari Jakarta pada Senin, 7 Mei 2018 sore dan pesawat sempat delay selama 1 jam. Akhinya sampai di Pekanbaru magrib.

Setelah mendarat disambut senja



Aku baru pertama kali ke Pekanbaru dan hal yang membuat excited ke kota-kota yang belum pernah kudatangi adalah mencicipi kulinernya. So setelah mendarat kami makan di restoran dengan menu khasnya yang cukup terkenal, gulai patin. Kata mas Arif Suditomo (ex news anchor yang kini jadi politikus Hanura), gulai patin menjadi kesukaan Pak Jokowi dan Oesman Sapta dimana setiap ke Pekanbaru selalu mencoba menu itu.

Karena mungkin beda-beda selera, menurutku sih rasanya biasa saja. Hahaha


Makan siang di resto ini. Resto masakan padang


Selain agenda liputan rakernas, rombongan wartawan juga mengikuti agenda Oesman Sapta yang menjadi pembicara kuliah kebangsaan yang diselenggarakan Universitas Riau. Lokasi kuliah umum ini bertempat aula milik Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau. Isi kuliah kebangsaannya mengingatkan untuk tetap berpegang teguh pada Pancasila dan menjaga nilai-nilai kebinekaan. Di kesempatan ini, Oesman Sapta berbicara sebagai Wakil Ketua MPR RI.




Berebut selfie dengan Pak OSO









Sore hari kami liputan pembukaan rakernas di GOR. Tadinya rakernas akan dibuka Presiden Jokowi tapi batal.



Pembukaan rakernas


Acara padatnya memang cuma di hari Selasa. Besoknya, Rabu, kami cuma menunggu hasil keputusan rakernas, jumpa pers dan menuju bandara untuk kembali ke Jakarta. Pesawat kami pukul 18.30 tapi kemudian delay dua jam.

Karena peristiwa kerusuhan di Mako Brimob, aku sempat parno pesawat yang kutumpangi akan dibajak para teroris. Mengingat Pekanbaru menjadi basis pergerakan sekelompok teroris. Beberapa napi teroris di Mako Brimob itu dulunya ditangkap di Pekanbaru. Alhamdulillah itu tak terjadi dan selamat sampai Jakarta.

Pekanbaru itu panas, lebih panas dari Jakarta. Mungkin suatu hari bisa kembali dan bisa eksplor kota ini lagi. 



Breakfast day 1 at Grand Central Hotel Pekanbaru.

Breakfast day 2. 






Comments

Popular Posts