Percayalah Pada Kekuatan Mimpi






Judul    : Sang Pemimpi
Penulis  : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang Pustaka, 2006

To accomplish great things,we must not only act,but also dream,not only plan but also believe (Anatole France)

Nukilan tersebut sangat pas dengan kisah dalam novel kedua dari tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yaitu novel Sang Pemimpi. Novel tersebut sangat recommended untuk dibaca oleh semua orang yang tak lak lagi percaya diri untuk mengejar cita-cita dan keinginnannya. Novel tersebut juga high recommended untuk orang-orang yang selalu merasa putus asa dalam mengejar cita-citanya. Juga untuk orang-orang yang tak lagi berani bermimpi memiliki cita-cita besar. Buku ini seakan menegaskan bahwa siapapun berhak mempunyai mimpi-mimpi besar. Novel ini memang bisa menyihir siapa saja yang membacanya.

Dua tokoh sentral dalam novel ini yaitu Ikal dan Arai adalah anak-anak yang mempunyai mimpi-mimpi besar untuk bisa kuliah di luar negeri. Jika melihat keadaan dan kondisi kehidupan mereka, rasanya mustahil mereka bisa sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Alih-alih ke luar negeri. Tetapi dengan hanya bermodalkan mimpi, mereka berusaha untuk menggapai cita-cita mereka.

Mereka berusaha dan berupaya keras bagaimana melalui badai  rintangan. Pada akhirnya setelah berusaha melewati berbagai tantangan hidup demi menggapai cita-citanya, dua anak dari kampung di sebuah desa di Pulau Belitung tersebut akhirnya berhasil mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah mereka di Universeit de Paris, Sorbonne Parancis.

Akhirnya mereka bisa mewujudkan mimpi-mimpi mereka menginjakkan kaki di negara pusat mode dunia tersebut yang dahulu sewaktu mereka duduk di bangku sekolah dasar hanya bisa melihat kota Paris melalui buku. Ikal dan Arai mengajak kita untuk bermimpi. Seperti kata Arai, ”Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu.”

Buku ini adalah salah satu buku yang paling menginspirasi. Dari tetralogi Laskar Pelangi, buku Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi inilah yang paling aku suka. Aku baca buku ini beberapa tahun yang lalu. Review ini juga aku tulis langsung setelah selesai baca buku. Review ini sebelumnya sudah aku posting, tapi kehapus. hehehe. Jadi aku posting lagi deh. ;)

Comments

Post a Comment