Menyingkap Sensasi Dunia Hiburan







Judul                     : Bokis; Kisah Gelap Dunia Seleb
Penulis                  : Maman Suherman
Penerbit                : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), 2012
Jumlah Halaman    : 124



Membaca buku ini membuat kita tercengang. Oh My God, ternyata seperti ini jalan yang ditempuh sebagian orang agar terkenal dan menjadi sorotan publik tanah air. Penuh sensasi, intrik, dan rekayasa demi sebuah popularitas. Walaupun buku ini mengisahkan berbagai sensasi dunia hiburan dan para pesohor negeri, tapi cara penuturan penulis yang mantan wartawan ini cukup santun. Begitu juga dengan sikapnya sebagai wartawan hiburan dengan segala godaannya, tapi penulis tetap menjaga integritasnya dalam menjalankan profesinya.

Gaya penceritaan buku ini juga sangat kocak dan membuat kita tertawa ngakak. Walaupun demikian ada juga kisah yang dituturkan dengan serius dan cukup mengena. Kisah-kisah yang diceritakan penulis cukup beragam, yang merupakan pengalamannya pada saat menjadi wartawan.

Dalam Bab Cerita Gelap, dibagikan beberapa kisah selebritis yang mencengangkan. Misalnya dalam Bab Demi Anak 1 dan 2, ada orang tua yang rela menempuh berbagai cara agar anak gadisnya terkenal. Bahkan sang ibu memaksa anaknya berpose seksi dan foto tersebut disebar ke wartawan. Lain lagi cerita seorang bapak yang rela menghabiskan uang milyaran rupiah untuk anaknya agar melejit menjadi seorang penyanyi terkenal tanah air. Padahal suara anaknya pas-pasan. Yang lebih mencengangkan lagi tentang casting mesum. Beberapa artis menjadi korban dari casting mesum ini. Mereka yang ingin bermain dalam sebuah sinetron disuruh mengikuti casting yang tak lazim, bertelanjang di depan sutradara. Kasus ini sempat menjadi perbincangan dan menjadi headline di media pada waktu itu. Selain itu diungkapkan pula kebiasaan para artis yang kerap nampang di televisi pada saat bencana terjadi dimana mereka berbondong-bondong memberikan bantuan. Padahal bantuan yang diberikan juga ala kadarnya, yang penting bisa masuk tipi dan diliput infotainment. #elusdada

Tak hanya itu, banyak cerita lucu dibagikan Kang Maman  pada saat ia menjadi wartawan hiburan dan mewawancarai para artis. Pengalamannya meliput berbagai berita juga dikisahkan dalam buku ini. Sebagai wartawan hiburan, banyak godaan yang diterimanya. Ia sempat dirayu narasumber penyuka sesama jenis, dirayu narasumber seksi, tapi ia tetap menjaga integritasnya sebagai wartawan, termasuk selalu menolak jika diberikan amplop.

Membaca buku ini kita harus siap-siap penasaran dan menebak-nebak artis siapa yang dimaksudkan penulis. Tidak seperti buku Nguping Selebriti yang memakai inisial selebriti, di buku Bokis ini tak disebitkan inisial dari pesohor ini. Sehingga pembaca harus menebak-nebak sendiri siapa mereka yang disebutkan dalam buku.





Comments